Minggu, 26 April 2015

Peluang Usaha dan Bisnis untuk Mahasiswa


Berwirausaha merupakan pekerjaan yang bisa ditekuni oleh mahasiswa, berwirausaha pada saat menjadi mahasiswa akan sangat membantu, terutama untuk menambah uang saku atau bisa untuk membayar biaya kuliah sendiri tentunya dan yang paling menarik adalah untuk teman – teman mahasiswa yang mau sukses di usia muda.
Berwirausaha atau berbisnis adalah perkajaan sangat sesuai dilakukan oleh mahasiswa, numun harus disesuaikan dengan keadaan keuangan teman – teman juga.  Walaupun dengan modal yang kecil, hasil yang dicapai tidak harus kecil juga, semua itu berkaitan dengan keseriusan, minat pasar dan peluang terhadap bisnis yang dilakukan.

Jika teman – teman pembaca adalah mahasiswa, mungkin beberapa peluang usaha atau bisnis yang ditulis dalam artikel ini cocok bagi para mahasiswa, usaha tersebut bisa dicoba karena faktor yang mendukung untuk melakukan usaha tersebut adalah mudah dilakukan, biaya yang dikeluarkan sedikit dan tidak terlalu menyita waktu untuk bekerja serta tidak akan mengganggu waktu belajar bagi mahasiswa.

Menjual Pulsa Handphone
 
Setiap orang memerlukan pulsa untuk berkomunikasi melalui handphone, termasuk anda dan juga penulis juga menggunakan pulsa untuk menelepon. Pertimbangannya adalah jika membeli pulsa dari orang lain tentu akan lebih mahal, jadi menjual pulsa handphone adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan oleh mahasiswa. Selain untuk kebutuhan pulsa sendiri,  tentu teman – teman mahasiswa akan lebih hemat dan juga akan mendapatkan keuntungan dari jualan pulsa tersebut.

Jika dihitung – hitung modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha menjual pulsa ini hanya memiliki handphone dan biaya berkisar 50.000 sampai dengan 100.000 saja sudah bisa terwujudkan usaha ini. Dengan modal sebesar itu tentu akan terus berkembang jika anda konsisten dalam menekuninya.
Metode yang perlu diterapkan adalah kontrol laporan keuangan yang rinci dan jelas untuk mengetahui Pemasukan dan pengeluaran yang sudah dilakukan. Dan jangan digabungkan uang usaha menjual pulsa tersebut dengan uang pribadi milik anda, agar bisa dengan mudah dikontrol.

Bisnis Online
 
Indonesia memiliki penduduk yang sangat ramai sehingga kebutuhan pasarpun meningkat dengan pesat. Jadi rasanya sangat beruntung memiliki target pasar yang sangat ramai. Apalagi anda tinggal dikota – kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota – kota lainnya. Anda bisa dengan mudah menjual Baju secara online, menjual barang – barang elektronik dan lain sebagainya. Manfaatkan harga miring yang didapatkan dikota – kota besar terebut.

Jika anda merasa membuat toko online itu merepotkan, anda juga masih bisa menjual produk dengan secara online melalui media sosial seperti BBM, Facebook, Twitter , bahkan dari Instagram pun bisa dengan mudah berjualan. Yang penting segera action.

Namun bagaimana jika anda tidak bisa memiliki barang yang akan dijual secara online?. Untuk menekuni bisnis online banyak sekali program yang bisa dijalankan seperti menekuni dunia blogging dan mendapatkan penghasilan dari blog yang anda kelola tersebut. Hasil yang dicapai tentu juga akan sangat membantu teman – teman mahasiswa untuk membayar biaya kuliah dan uang saku, bahkan jika anda serius bisa menjadi penghasilan yang menjanjikan. Ada juga program – program lain yang bisa ditekuni dalam bisnin online seperti Afiliasi, PPC dan anda juga bisa menjadi Dropshipper.

Mengetik dan mencetak tugas – tugas teman

 
Teman – teman mahasiswa tentu mempuanyai pengalaman dalam mengetik dan mencetak tugas – tugas kuliah. Nah, dengan pengalaman tersebut dan dengan modal sebuah laptop dan printer, maka teman – teman tidak perlu mengeluarkan uang lagi hanya untuk membuat ketikan dan mencetak tugas. Karena, coba anda perhatikan pada saat tugas teman yang anda buat tersebut selesai, pasti ada stok kertas dan tinta untuk mencetak tugas anda sendiri tanpa perlu membeli lagi. Adapun jika terdapat lebih pendapatan dari mencetak dan membuat tugas tersebut bisa dipergunakan untuk keperluan sehari – hari. Nah, Jika teman – teman pembaca adalah mahasiswa jangan berdiam diri dalam hal ini, dengan modal pinjam printer dan laptop juga bisa dikerjakan.

Menjadi Pemandu Wisata untuk wisatawan asing
 
Nah, kali ini ditujukan bagi mahasiswa bahasa inggris atau bagi teman – teman yang mampu menguasai bahasa inggris, dan tempat kuliah anda tersebut memang tempat yang menjadi objek wisata, apalagi yang digemari oleh bule. Jangan sia – siakan kemampuan bahasa inggris teman – teman dengan bergabung dengan pemandu wisata atau lebih gampangnya coba cari informasi pada hotel – hotel terdekat dan apakah mereka memerlukan pemandu wisata yang bisa berbahasa Inggris?. Kan, lumayan bisa mendapatkan penghasilan dari jalan – jalan bersama bule. Manfaat lain adalah anda bisa menambah sahabat baru dari luar negeri.
Namun Jika hotel – hotel di tempat anda kuliah tidak menerima jasa pemandu wisata, masih ada harapan untuk menjadi pemandu wisata, yaitu dengan membuat komunitas guide yang tentunya tidak jauh dari hotel tempat para bule tinggal.

Guru Privat untuk anak SD, SMP dan SMA
 
Yang namanya mahasiswa tentu ilmu yang didapat melebihi dari pada anak SD, SMP dan SMA, nah berkenaan dengan itu anda juga bisa dengan mudah untuk memberikan pembelajaran kepada anak – anak sekolah dengan ilmu yang sudah anda dapatkan, tentu harus juga sesuai dengan apa yang sedang anda tekuni dalam pelajaran kuliah.

Dengan menjadi guru privat adalah salah satu sumber penambahan penghasilan buat teman – teman mahasiswa. Memang saat ini sudah banyak sekali guru privat yang ditekuni oleh mahasiswa, namun anda tidak perlu banyak mengambil murid untuk diajarkan, cukup 2 atau 3 saja dengan pertimbangan tidak jauh dari tempat tinggal dan kampus anda. Untuk biaya yang bisa anda terapkan bisa sampai Rp. 300.000,-s.d 600.000,- untuk satu orang siswa dan perhitungannya 8 kali pertemuan dalam satu bulan, lumayanlah untuk menambah penghasilan.

OP Warnet
 
Bagi teman – teman mahasiswa yang jadwal kuliahnya tidak padat, misalnya Kuliah setengah hari saja, bisa pagi dan bisa juga hanya siang saja, nah, untuk mengisi waktu luang tersebut anda bisa saja menjadi OP warnet (operator warnet), karena bisnis warnet yang lagi menjamur di berbagai kota, maka dengan mudah anda mendapatkan peluang menjadi OP warnet. Dengan pendapatan bulanan atau harian sesuai dengan perjanjian dengan pemilik warnet tentu akan sangat membantu untuk menambah penghasilan teman – teman mahasiswa. Selain mendapatkan akses internet secara gratis anda juga dapat menekuni bisnis online dengan akses internet tersebut.

Membuat Gantungan Kunci, Bros dan Lainya
 
Membuat kerajinan tangan seperti Bros, gantungan kunci dan lainnya
Membuat kerajinan tangan seperti bros biasanya sering juga dilakukan oleh mahasiswi, mengan menggunakan bahan kain plannel bisa membuat Bros maupun gantungan kunci yang sangat indah. Apalagi modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Dengan membuat kerajinan tangan tersebut bisa juga mendatangkan omset yang lumyan besar.

Menulis Konten
Jika anda gemar menulis, salurkan bakat anda tersebut dengan menghubungi situs – situs yang menyediakan jasa penulisan konten. Kebutuhan masyarakat akan informasi, membutuhkan penulis konten untuk beberapa majalah atau situs dengan bayaran lumayan. Silahkan anda coba jika anda menggemari kegiatan menulis.

Penyiar Radio

 
Sama halnya dengan menjadi penulis konten, jika anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan menarik, tidak ada salahnya melamar menjadi penyiar radio sebagai profesi, Siap siap juga bersahabat dengan pendengar setia anda.
Tidak ada salahnya ada melamar sebagai penyiar radio, jika anda merasa cukup berbakat dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Jika anda bisa menjadi penyiar radio tentu secara tidak langsung anda telah membangun personal branding untuk menjadi terkenal di tempat atau kota anda menjadi penyiar radio tersebut.

Demikian beberapa peluang usaha yang telah ditulis mungkin bisa saja cocok untuk dilakukan oleh teman – teman mahasiswa, yang penting tetap kreatif dalam segala bentuk usaha dan bisnis sehingga kita bisa terbebas dari kata yang biasa disebut “pengangguran”.