Cara untuk mengetahui jika anda terkena penyakit jantung

Cara untuk mengetahui jika anda terkena penyakit jantung - Jika mendengar penyakit jantung tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, berbagai macam penelitian telah banyak dilakukan meliputi pada bayi, anak – anak, para remaja dan juga orang yang telah dewasa, dan penelitian tersebut hanya untuk mengetahui bagaimana sebenarnya jika seseorang telah tekena penyakit jantung. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan tentang penyakit jantung, mulai dari gejala yang akan timbul jika terkana penyakit jantung ini telah membuat orang – orang lebih waspada terhadap apa saja yang bisa terjadi terhadap diri sendiri atau perubahan dalam tubuh seseorang yang merupakan gejala tehadap penyakit jantung tersebut.

Data pada WHO menjelakan bahwa penyakit jantung ini menempati peringkat pembunuh nomor 1  di dunia, yang telah merenggut nyawa dari 7, 25 juta jiwa dan data tersebut diperoleh pada tahun 2008. Jika dilihat dari jumlah kematian dari berbagai sebab dan penyakit diseluruh dunia maka kematian dari penyakit jantung ini berkisar 12,8 %. Data tersebut menyebabkan kekhawatiran pada masyarakat dan membuat setiap orang lebih waspada terhadap penyakit jantung.
Cara untuk mengetahui jika anda terkena penyakit jantung

Dalam beberapa penyakit biasanya sebelum terserang penyakit tersebut, akan timbul berbagai gejala yang bisa diketahui. Begitu juga dengan penyakit jantung ini ada beberapa gejala yang bisa diketahui dengan mudah. Dengan mengetahui beberapa gejala yang timbul dari penyakit jantung ini akan memudahkan untuk mendiagnosa penyakit tersebut. Secara umum beberapa gejala penyakit jantung akan nampak sama dengan penyakit lain, namun harus diwaspadai ada beberapa gejala penyakit jantung ini yang berbeda dari penyakit lain atau gejala yang ditimbulkan lebih khusus.

Apa saja yang menjadi tanda bagi orang yang sudah terkena penyakit Jantung

Untuk melihat apa saja yang menjadi tanda bagi orang yang sudah terkena penyakit jantung bisa saja dilakukan, namun ciri – ciri atau tanda tersebut tidak sama pada semua orang. Hal tersebut dapat dilihat dari jenis penyakit jantungnya. Dan perlu diketahui juga bahwa penyakit jantung adalah ketidakmampuan jantung tersebut untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh,  berbeda dengan serangan jantung dimana serangan jantung itu sendiri adalah penyumbatan yang terjadi pada saat membawa oksigen dan sari makanan untuk menuju ke jantung atau bisa disebut juga dengan pengecilan pembuluh darah. Walaupun definisi antara penyakit jantung dan serangan jantung berbeda, adakalanya keduanya saling berkaitan.

Sakit Kepala
 
Bagi orang yang berpenyakit jantung ciri atau tanda – tanda yang bisa diketahui adalah jika terkena dengan sinar matahari pada bagian kepala akan merasakan sakit di bagian kepala tersebut. Hal tersebut bisa membuat denyut jantung menjadi cepat atau bisa juga memperlambat denyut jantung. Dan untuk para kaum hawa harus lebih diwaspadai jika anda mengalami sakit migrain, dimana menurut penelitian American Academy of Eurology pada penderita penyakit jantung yang mengalami sakit kepala bisa terjadi karena penyimpanan sirkulasi pada darah.

Dada terasa nyeri
 
Jika dada anda terasa nyeri, itu bisa saja anda terkena penyakit jantung dan nyeri pada dada adalah salah satu gejala awal penyakit jantung. Namun nyeri pada dada bukan hanya ciri – ciri pada penyakit jantung, bisa juga pada penyakit – penyakit yang lainnya. Sebaiknya anda memastikan nyeri pada dada anda tersebut pada ahlinya. Serangan jantung pada orang yang nyeri pada dada tersebut terjadi karena penyumbatan arteri dimana darah tidak bisa mengalir keseluruh bagian tubuh.

Sakit pada bagian – bagian tertentu pada tubuh


Pada saat arteri tersumbat maka rasa sakit akan timbul pada bagian – bagian tertentu pada tubuh, seperti pada bagian tangan kiri, tangan kanan, sakit pada bahu, punggung, leher, siku dan sebagainya.

Mudah lelah
 
Jika anda pernah mengalami anemia, gejala yang ditimbulkan hampir sama, dimana jika anda tidur dan pada saat anda bangun, langsung saja badan terasa lelah, padahal anda tidak ada melakukan kegiatan fisik. Segera konsultasikan kepada dokter anda.

Sesak Napas

 
Sesak napas bisa terjadi akibat aliran darah yang terhambat. Dimana pembuluh darah menjadi penghambat pendistribusian darah keseluruh bagian tubuh anda, dan hal tersebut membuat tidak teratur nya denyut jantung.