Sabtu, 09 Januari 2016

Keajaiban Silaturahim Bisa Memanjangkan Umur

Keajaiban Silaturahim Bisa Memanjangkan Umur - Dalam sebuah riwayat, dari Anas r.a, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dilamakan bekas telapak kakinya (dipanjangkan umurnya), hendaknya ia menyambung tali silaturahim.


Sejak zaman dahulu Rasulullah saw telah memberitahu kepada umatnya hendaknya ia menyambung tali silaturahim. Seperti halnya rahasia yang ditemukan oleh para ilmuan tentang penduduk  Roseto, Pennsylvania Amerika serikat. Ada apa  dengan penduduk  Roseto, Pennsylvania Amerika serikat?

Ada yang begitu mengejutkan tentang penduduk  Roseto, Pennsylvania Amerika serikat. Disana penduduknya lebih sehat dibandingkan dengan penduduk Amerika Serikat lainnya. Melalui penelitian yang dilakukan hampir tidak ada warga Roseto, Pennsylvania  di bawah umur 55 meninggal karena serangan jantung sedangkan untuk pria di atas 65 tahun, berdasarkan data yang ada angka kematian akibat serangan jantung adalah setengah dari Amerika Serikat secara keseluruhan; dan tingkat kematian dari semua penyebab adalah 35 % lebih rendah dari seharusnya.

Keajaiban Silaturahim Bisa Memanjangkan Umur

Silaturahim Bisa Memanjangkan Umur

Penyebab penduduk  Roseto, Pennsylvania Amerika serikat begitu sehat adalah Silahturahim. Ya, silahturahim. Kenapa Silahturahim bisa menyehatkan?. Berdasarkan penelitian – penelitian yang dilakukan, selain menurunkan hormon kortisol, silaturahim juga meningkatkan hormon endorfin dan hormon oxytocin sehingga bisa menyehatkan.

Begitu juga dengan umat Islam, dalam konteks beribadah umat islam selalu bersilaturahim. Seperti halnya dalam sholat berjamaah di mesjid, kita selalu berjumpa sesama muslim dimesjid sebanyak 5 waktu dalam sehari  dan kita bersilahturahim,  kemudian bertemu dengan keluarga pada buka puasa pada bulan Ramadhan juga terjadi silahturahim, lalu pada saat membayar bayar Zakat dan sedekah terjadi silahturahim, kemudian  pada saat berkurban dan ibadah haji serta umrah kita bersilahturahim dengan sesama.

Tanpa disadari penumuan para Ilmuan tentang penduduk  Roseto, Pennsylvania Amerika serikat, telah dilakukan oleh umat Islam. Nah, Sudah saatnya kita menayakan pada diri kita masing – masing sudah berapa seringkah kita bersilaturahim dengan sesama?

Berbicara masalah umur manusia tentu itu memang ditelah diatur dan ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, manusia hanya bisa menjalankan ketetapan-Nya.

Kita semua tidak mengetahui kapan ajal menjemput untuk menghadap sang Ilahi, untuk itu bagi umat muslim kita harus segera mempersiapkan diri dengan beramal dan beribadah kepada Allah Swt, karena itu adalah kebutuhan kita diakhirat nanti. semoga bisa menambah sedikit wawasan kita.