Olah raga Lari bisa membuat anda terhidar dari Radang Sendi Lutut

Olah raga Lari bisa membuat anda terhidar dari Radang Sendi Lutut - Apakah lari merupakan olah raga yang paling anda sukai?, Jika lari merupakan olah raga yang anda sukai, maka akan berdampak pada kesehatan sendi lutut anda.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Amerika serikat yaitu di Bringham Young University di Utah, telah menemukan dengan berlari akan mengurangi peradangan yang terjadi disendi lutut.
Selain itu olah raga lari tersebut bisa menghambat proses yang mengarah kepada osteoarthritis. Osteoarthritis tersebut merupukan keadaan dimana sendi anda sudah mengalami kerusakan yang mengakibatkan rasa nyeri. Tulang rawan yang terdapat pada lutut akan rusak karena tekanan yang berlebihan atau trauma.


European Journal of Applied Phsyiology mempublikasikan dengan  cara mengukur menandai peradangan cairan di lutut sendi dari pria dan wanita yang berusia dari 18 sampaiu degan 35 tahun. Dimana pengukuran tersebut dilakukan sebelum dan dilakukan sesudah berlari.

Dalam penelitian tersebut telah ditemukan tanda khusus dari cairan sinovial yang diekstrak adalah dua sitokin bernama GM-CSF dan IL-15. Dimana cairan tersubut membuat atau menurunnya konsentrasi peserta setelah 30 menit berlari. Ketika cairan yang sama diekstraksi sebelum dan sesudah berolahraga, penanda inflamasi berada di tingkat yang sama.

"Yang kita sekarang tahu adalah untuk individu yang masih muda dan individu yang sehat, olahraga menciptakan lingkungan antiperadangan yang bermanfaat bagi kesehatan sendi dalam jangka panjang," kata Robert Hyldahl, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah, AS. Seperti dikutip dari laman Boldsky, Minggu (18/12/2016).

Sumber : detik.com