Ternyata Tidur Dapat Menurunkan Berat Badan

Sebagian orang berfikir dan beranggapan bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus dengan melakukan olahraga secara teratur dan rutin bahkan ada juga yang berfikir harus dengan diet yang sangat ketat. Sebenarnya harus diketahui terlebih dahulu bahwa mengatur pola tidur akan lebih berparuh secara signifikan untuk menurunkan berat badan. Ya, dengan tidur anda bisa menurunkan berat badan.

Menurut instruktur kedokteran klinis di weil cirnell medical college Alexandra sowa,MD, ada tiga komponen yang paling penting dalam menurunkan berat badan. Seperti halnya menjaga pola makan, olahraga dan beristirahat. Ibarat kursi yang berkaki tiga. Jika salah satu kaki kursi tersebut tidak ada maka tidak dapat diduduki.  jadi untuk menurunkan berat badan Anda serasa sia-sia saja jika salah satu faktor tersebut tidak dilakukan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tidur yang akan berpengaruh penting dengan penurunan berat badan. lalu, Bagaimana cara tidur yang baik agar berat badan bisa turun secara maksimal.


Cepat tidur dimalam hari

Pada saat Anda tidur tubuh anda akan merasa rileks, karena anda telah melakukan aktivitas yang berat pada siang harinya. Hal tersebut sangat penting jika anda tidur pada malam harinya lebih awal. Dimana tubuh akan lebih mudah mencerna makanan yang telah anda makan seharian, Sehingga membuat anda tidak merasa lapar terus-menerus yang membuat Anda ingin makan. Jika Anda tidur lebih awal pada malam harinya, tentu pada Pagi harinya lebih segar. Dan itu merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan.

Jika anda terasa sulit untuk tidur pada awal malam, maka anda bisa Dengan meminum teh terlebih dahulu agar tubuh merasa lebih rileks dan nyaman. Waktu yang baik tidur pada awal adalah jam 09.00 malam sampai jam 12.00. Dimana pada jam tersebut tubuh anda akan memproduksi hormon melatonin karena suhu pada jam-jam tersebut suhu sudah mulai dingin.

Disiplin waktu tidur

Beberapa waktu yang lalu di bringham Young University. Telah menemukan bahwa wanita yang memiliki waktu tidur malam yang berkualitas, yang tidur selama  selama 6  sampai 8 jam sehari. Memiliki menumbuhkan lemak lebih sedikit di perutnya. Dari hal tersebut juga menjelaskan bahwa orang yang lebih cukup tidurnya secara rutin akan mengurangi tumpukan lemak di perut.

Meningkatnya kadar kortisol jika anda kurang tidur

Hormon kortisol akan meningkat pada saat waktu tidur anda mengalami penurunan atau kurang tidur. Dengan bertambahnya kortisol di tubuh, tubuh akan merasa malas  yang akibatnya Anda malas bergerak yang menimbulkan lemak di tubuh. Karena hormon kortisol tersebut tubuh akan berusaha untuk menghemat energi jadi timbullah rasa malas tersebut. Bahkan dengan kadar kortisol yang tinggi maka akan memicu kadar gula dalam tubuh lebih tinggi. Maka untuk itu Anda sebaiknya menjaga waktu tidur anda lebih banyak daripada Anda kurang tidur.