Tips mengajak anak berpuasa sejak dini

Tips mengajak anak berpuasa sejak dini - Memperkenalkan bulan puasa Ramadhan kepada sibuah hati haruslah dilakukan sejak awal. Agar keadaan berpuasa bisa tertanam didalam mindset mereka, walau dalam kondisi apapun.Bagi umat muslim tentunya menjalani ibadah puasa sudah menjadi hal yang biasa setiap tahunnya dan tentunya begitu bersemangat dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Nah, jika anak – anak bertanya perihal berpuasa, maka sebaiknya anda para orang tua memberikan pengetahuan yang sesuai dengan kemampuan si anak tersebut.

sumber gambar : depokpedia.com
Saat anda mulai mengajari anak untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, ada beberapa tips khusus yang perlu diperhatikan agar anak ingin melaksanakan puasa. Sebaiknya anda selaku orang tua mengetahui bagaimana kondisi kesehatan anak dimana fisik dan usia siap untuk melaksanakan puasa.

Seperti yang pernah dilansir liputan6.com (28/05/2017), sebaiknya dalam mengajarkan seorang anak untuk melaksanakan puasa adalah pada usia anak 4 tahun.Dalam usia tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mengajari anak melaksanakan puasa maupun ibadah – ibadah lainnya, seperti yang paparkan oleh Viramita Kusnandi, Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Dalam usia 4 tahun anak sudah mampu untuk mengikuti puasa layaknya orang dewasa, namun harus tanpa paksaan untuk puasa hingga saatnya berbuka. Misalnya anak dibolehkan untuk berbuka meski baru 4 jam saja berpuasa.

Sumber gambar : buahatiku.com
Berdasarkan tulisan di tempo.co (27/05/2017), disarankan bagi anda orang tua lebih membuat atau mengubah suasana yang lebih menyenangkan pada saat anda bersama anak – anak makan sahur maupun berbuka. Pilihlah menu kesukaan anak agar suasana makan lebih menyenangkan dan anak termotivasi untuk itu. Anda bisa menanyakan kepada anak, mau makan apa?, walau sudah dibelikan tidak disantap semuanya.

Memberikan pengertian untuk anak berpuasa tidak usah terlalu berat, berikan pemahaman yang ringan saja, agar mudah dicerna oleh anak untuk melaksanakannya. Berikut merupakan motivasi bagi anda agar lebih mudah mengajak anak – anak berpuasa.
  • Berikan motivasi kepada anak – anak, jika sanggup puasa setengah hari nanti mau dibelikan apa, jika mampun hingga satu hari penuh mau dibelikan apa dan jika sanggup puasa sebulan penuh mau dapat apa. Namun tetap memperhatikan kemampuan dan usia si anak.
  • Siapkan makanan apa yang anak – anak minta saat sahur maupun berbuka. Seperti dengan mengajak anak – anak jalan – jalan sore sambil membeli jajanan yang anak inginkan.
  • Berikan kelonggaran bagi anak dalam menentukan puasa sampai jam berapa. Jika si anak sudah tidak sanggup, perboleh anak berbuka. Misal sampai jam 11.
  • Berikan kesibukan kepada anak yang mereka senangi, sehingga si anak tidak mengingat bahwa sedang berpuasa.
  • Jauhkan anak – anak dari makanan dan juga dengan aroma makanan yang membuat sianak berkeinginan untuk berbuka puasa.

Post a Comment