menabung dan berhemat tidak akan membuat anda kaya

menabung dan berhemat tidak akan membuat anda kaya - Masih ingatkah anda pada pepatah hemat pangkal kaya yang sering diberitahukan dan disampaikan oleh orang tua atau guru sewaktu anda masih kecil. Dimana anda diharuskan menyisihkan uang jajan yang sudah diberikan untuk ditabung sebahagian. Yang menarik adalah pada saat anda menabung sedikit demi sedikit, maka lama – lama tabungan akan menjadi bukit. Seperti itulah yang sering anda dengar sewaktu masih kecil.

Zaman sekarang masih ada juga orang yang percaya bahwa dengan berhemat dan menyimpan uang serta mengurangi pengeluaran uang pada hal – hal yang tidak diperlukan, dan sampai memilih barang dengan harga yang diberi label diskon akan menambah uang tabungannya.

Walau tidak semuanya benar, ada alasan menabung dan berhemat tidak akan membuat anda kaya tersebut yang perlu anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Dengan menabung uang, tidak akan membuat anda keluar dari masalah keuangan

Semenjak kecil kata – kata menabung sudah tertanam didalam diri anda, karena hal tersebut tentu saja diajarkan oleh guru dan orang tua anda. Dengan anda menabung seakan – akan anda bisa menyelesaikan semua kendala keuangan anda. Ibaratnya Jika anda menabung, maka anda bebas dari masalah keuangan.

Sebenarnya menabung tersebut tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan keuangan anda, menabung tersebut hanya cocok bagi generasi zaman dahulu, Dimana pada zaman dahulu orang – orang pada menabung atau menyisihkan uang setiap bulannya dari pendapatannya untuk digunakan sebagai dana pensiun.

Jika kegiatan menabung tetap anda lakukan pada zaman sekarang maka nominal uang yang didapat tidak akan bisa mencakup kebutuhan hidup. Dengan menyisihkan uang anda untuk ditabung tentu akan membuat anda mempunyai uang tambahan, namun hal tersebut tidak relevan dilakukan untuk mendapatkan kesejahteraan anda dalam jangka panjang.


Melemahnya nilai mata uang

Setiap hari depresiasi nilai uang terus saja terjadi. Pertimbangannya seperti dalam sejarah Amerika Serikat dimana mereka mengubah standar nilai uang yang dianutnya.

Presiden AS Richard Nixon di tahun 1971 mengabil kebijakan bahwa Amerika Serikat akan keluar dari penggunaan standar emas. Dimana Amerika mengambil sistem mata uang yang mengambang, nilai mata uang berdasar pada nilai kredit dan kepercayaan masyarakat.

Sejak saat itu uang tidak lagi stabil, dimana tidak ada satupun komuditas yang bisa menjaminnya. Nilai mata uang ditentukan oleh kondisi pasar dan juga stabil atau tidak nilai kredit pada suatu negara.

Keadaan ini tidak berlaku pada Amerika Serikat saja. Karena, Mata uang Amerika tersebut adalah mata uang internasional, maka secara otomatis akan membuat negara – negara lain akan mengikuti sistem mata uang mengambang.

Nilai mata uang Rupiah juga naik-turun secara fluktuatif sesuai keadaan dan dengan inflasi atau situasi, dan kepercayaan pasar. Dima uang yang anda miliki bisa mencukupi kebutuhan hidup saat ini, dan pada generasi berikutnya belum tentu bisa mencukupi dengan keadaan yang sama.

Uang Seperti bermusuhan dengan waktu. Semakin lama menabung memang uang anda akan bertambah banyak berlimpah, tapi nilai uang tersebut bisa jadi malah bertambah turun.