Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan - Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan, apalagi ditambah manfaat kesehatan yang didapat dari mendengarkan musik tersebut. Sudah banyak pernyataan atau pun penelitian tentang manfaat dari musik, bahkan didalam dunia medis seputar khasiat dari musik bagi kesehatan sudah sudah mendapatkan jawaban menarik dan memuaskan banyak orang. Adapun Hal - hal positif dari musik sudah tercantum dalam tulisan - tulisan para tokoh dunia seperti Pythagoras, Aristoteles dan Plato. Mereka meyakini dan tentu saja percaya musik dapat mempengaruhi fisik, emosi, kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup bagi orang yang mendengarkannya.

Musik Pembunuh Rasa Sakit

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Advanced Nursing, mendengarkan musik sehari-hari dapat mengurangi rasa sakit kronis hingga 21 persen. Studi ini juga menemukan bahwa mendengarkan musik membuat orang bisa lebih mengendalikan rasa sakit mereka dan mengurangi depresi.

Musik Mengurangi Stres

Dari penelitian yang dilakukan, subjek diperintahkan mendengarkan selama setengah jam musik yang menenangkan, dua kali sehari selama dua minggu. Dan hasilnya menunjukkan pengurangan signifikan pada tingkat stres dan kecemasan subjek penelitian dalam setiap permasalahan.

Manfaat Kardiovaskular

Mendengarkan musik yang tenang juga membantu mengurangi denyut jantung, tekanan darah serta risiko stroke. Dalam sebuah penelitian di Italia, para peneliti menemukan bahwa penderita hipertensi ringan (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik 30 menit sehari selama satu bulan mengalami pengurangan signifikan pada tekanan darah mereka.


Musik Membantu Penderita Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa musik mungkin menawarkan sejumlah manfaat bagi orang-orang pengidap kanker. Mengurangi kecemasan pada pasien yang menerima terapi radiasi, serta menurunkan gejala mual dan muntah akibat kemoterapi dosis tinggi.